Wednesday, July 10, 2013

GERAKAN INDONESIA BERSIH


   Sampah hingga saat ini menjadi permasalahan yang krusial. Beberapa daerah begitu kesulitan dalam menangani hal ini. Setiap orang Indonesia rata-rata menghasilkan 0,5 kg sampah/orang/hari.

   Direktur Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI, Prof. dr Tjandra Yoga Aditama Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, dalam Rapat Koordinasi Nasional Gerakan Indonesia Bersih (GBI), di Jakarta, mengatakan untuk mengatasi pengelolaan sampah perlu dilakukan 3R yaitu, Reduce : Kurangi jumlah sampah, Reuse : Sedapat mungkin jangan gunakan bahan yang sekali pakai buang, tapi gunakan yang dapat digunakan kembali, dan Recycle : Sampah organik dapat di olah kembali menjadi pupuk.

 
   “Untuk mewujudkan GBI di perlukan beberapa tahapan kegiatan seperti Quick Wins, perubahan paradigma, dan berkelanjutan”, ujar Prof. Tjandra. Dari sudut pandang kesehatan Prof. Tjandra menambahkan bahwa pengelolaan sampah dan sanitasi dapat dilakukan oleh RS, Puskesmas, Apotek, dan Laboratorium, dengan kegiatan yang meliputi, sosialisasi pedoman yang telah ada, penyiapan sarana kebersihan, pelaksanaan kebersihan, evaluasi, dan penilaian.
   Pada acara Rapat Koordinasi Nasioanal Gerakan Indonesia Bersih (GBI), di buka oleh Wakil Presiden RI, Dr. Boediono ini mengusung tema “Menjaga Kebersihan Cerminan Harkat, Martabat, dan Harga Diri Bangsa”. (Sumber : Mediakom edisi 40)

0 comments:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Post a Comment