Friday, September 4, 2015

PERWAKILAN PUSKESMAS GEDANGAN JUARA II LOMBA KADER SANITASI TINGKAT SMA/MA/SMK DI DINKES SIDOARJO


Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 18-19 Agustus 2015 telah diadakan lomba Kader Sanitasi setingkat SMA/MA/SMK di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Peserta merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan di kabupaten sidoarjo. Puskesmas Gedangan menyeleksi sekolah-sekolah di seluruh Kecamatan Gedangan dan dipilihlah perwakilan dari SMAN 1 Gedangan atas nama Maudy Riski Wahyuniawan dan M. Fadil untuk mewakili Puskesmas Gedangan dan sekolahnya.

Tema lomba kader sanitasi kali ini adalah desa ODF (Open Defecation Free).  Dengan bimbingan dari pengelola program sanitasi puskesmas gedangan yaitu ibu Rina asyuniati dan pengelola program promosi kesehatan ibu Amini, peserta memulai persiapannya dengan berbagai kegiatan seperti :
  1. Pengumpulan data dari data puskesmas dan merangkumnya dengan bahasa sederhana sehingga bisa dengan mudah dibaca dan dipahami
  2. Survey dan wawancara di lapangan untuk mengetahui realitas masalah di lapangan dan melakukan verifikasi data.
  3. membuat problem solving agar ODF berhasil.
  4. Membuat karya tulis ilmiah tentang ODF dari data-data yang telah di kumpulkan dalam persiapan tadi untuk di tampilkan di hadapan juri.
  5. Melakukan penyuluhan ke sesama temannya sendiri di SMAN 1 Gedangan, hal ini perlu untuk mengasah keterampilan presentasi pada saat pemaparan materi di hadapan juri nanti.

Penilaian dari tim juri dari Dinas Kesehatan meliputi berbagai hal yaitu :

  • Presentasi tentang ODF
  • Wawancara tim Juri dengan peserta tentang ODF
  • Karya Tulis Ilmiah

Dan setelah melalui berbagai tahap tadi akhirnya perwakilan dari Puskesmas Gedangan mendapatkan Juara 2 untuk Lomba Kader Sanitasi tingkat SMA/MA/SMK di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo.
Wakil dari Puskesmas Gedangan M.Fadli

Giliran Maudy Riski yang menyajikan data ODF di wilayah kerja Puskesmas Gedangan

Maudy Riski memperlihatkan Poster hasil kreasi teman-teman mereka

 Dari Sebelah Kanan Juara 1, Juara 2, dan Juara 3

Dari Kanan : Ibu Rina. A, Maudy Riski, M. Fadli, dan Ibu Amini

Terima Kasih untuk semua yang telah bekerja sama dan turut mendukung kegiatan tersebut. (phtrx24)

0 comments:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Post a Comment