Monday, June 17, 2013

Google Balloon: Akses Internet Via balon

        Google lewat Google X Labs mereka memperkenalkan Project Loon, suatu mega proyek yang memungkinkan penyediaan akses internet di seluruh dunia dengan menggunakan Balon.

        Ya, Anda tidak salah baca, Google X Labs membuat suatu proyek yang memungkinkan penggunaan balon untuk mengakses internet. Balon akan digunakan sebagai jaringan berkemampuan tinggi dengan tujuan membuat suatu koneksi internet berkecepatan 3G khususnya untuk daerah-daerah terisolir di seluruh dunia yang masih kesulitan mendapatkan akses internet.

        Pada dasarnya, proyek bekerja seperti ini: Google akan menerbangkan balon-balon dengan ketinggian dua kali lebih tinggi dibandingkan ketinggian pesawat komersial, sambil masih memungkinkan router darat mendapatkan sinyal untuk terkoneksi. Balon-balon itu kemudian akan bergerak searah navigasi dengan menggunakan kekuatan sinar matahari dan angin yang ada di lapisan stratosfer. Pada intinya, nantinya, algoritma tertentu akan memandu balon-balon ini untuk menjaga arahnya agar koneksi jaringan bisa stabil dan tidak terputus.

Loon for All - How to works
        Project Loon ini akan difokuskan pada daerah-daerah yang masih belum mendapatkan akses internet dan juga bisa digunakan pada saat bencana, yang mana koneksi internet dapat membantu komunikasi dan logistik pada daerah yang koneksi internetnya terputus misalnya.

        Project Loon ini dikabarkan telah dikembangkan cukup lama, mulai dari tahun 2008 yang lalu. Google X Labs yang mengembangkan Project Loon ini merupakan sub-divisi Google yang berkutat dalam pengembangan teknologi baru yang dapat membantu kemanusiaan mendapatkan teknologi tepat guna untuk kemajuan mereka.

        Program percobaan sedang berlangsung di Selandia Baru, dengan lebih dari 50 ilmuwan Google berusaha mengoneksikan 30 balon dalam waktu seminggu. Bila berhasil, mereka akan mencobanya di negara lain dengan ketinggian yang kurang lebih sama. (Sumber : Jagat Review)

Untuk pengembangan Project Loon selengkapnya anda bisa lihat ke Project Loon Google

0 comments:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Post a Comment